PROFIL DUSUN BOJONG

Dusun Bojong terletak di sebelah utara Candi Borobudur, Magelang, Jawa tengah. Aktivitas ekonomi warga kebanyakan berada di sektor pertanian atau peternakan. Ada beberapa kebiasaan yang berhubngan dengan keagamaan, seperti Selametan dan Mujadahan.

Di beberapa rumah diberikan fasilitas homestay dari pemerintah untuk dijadikan tempat usaha bagi warga sehingga masyarakat umum dapat berkunjung dan menggunakannya.

Lokasi Dusun Bojong

Infografis Dusun Bojong

 

Jumlah Penduduk Dusun Bojong ± 600 jiwa

Dengan Jumlah Total 191 Kartu Keluarga

 

 

Penyebaran penduduk Dusun Bojong tersebar pada 6 RT dan 2 RW yaitu sebagai berikut :

 

RTNama Ketua RTJumlah Kartu Keluarga (KK)
1Muntolib35
227
3Akhmad Wahyudi29
4Ismail35
5Tumin30
6Muh Bariyanto35
Total191

Monografi Dusun Bojong

Lahan perkebunan yang terletak di indahnya dusun Bojong, sebuah tempat yang kaya akan keindahan alam dan pesona pedesaan, dipilih dengan bijaksana untuk dijadikan lahan yang subur dan produktif.

Dengan berpegang pada kearifan lokal, lahan perkebunan yang luas itu dipilih untuk menanam dua tanaman unggulan, yakni singkong dan pepaya. Kedua tanaman ini dipercaya sebagai pilihan tepat, karena selain cocok dengan kondisi tanah dan iklim di daerah tersebut, juga memiliki permintaan pasar yang tinggi dan memberikan kontribusi besar dalam memenuhi kebutuhan pangan lokal maupun regional.

Singkong, sebagai salah satu makanan pokok yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, memiliki nilai gizi yang tinggi dan dapat diolah menjadi berbagai produk olahan yang beraneka ragam, seperti tepung, keripik, maupun makanan ringan lainnya. Selain itu, sifatnya yang mudah tumbuh dan minim perawatan menjadikan singkong sebagai pilihan ideal untuk memaksimalkan produksi dan memberikan manfaat ekonomi bagi para pemilik lahan. Sementara itu, pepaya, dengan buahnya yang lezat dan kaya akan vitamin serta serat, telah menjadi favorit di pasar lokal maupun internasional. Pepaya memiliki potensi pasar yang menjanjikan dan menjadi sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat di dusun Bojong. Dengan penuh kecermatan dalam budidaya, para pemilik lahan memastikan bahwa pepaya yang tumbuh di lahan perkebunan mereka merupakan produk berkualitas tinggi yang bisa bersaing di pasaran.

Dengan demikian, strategi menanamkan singkong dan pepaya di lahan perkebunan di dusun Bojong tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan hasil pertanian secara ekonomi, namun juga berkontribusi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan pangan di tingkat lokal maupun regional. Dengan mengoptimalkan lahan yang tersedia, para pemilik lahan berharap dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar dan menciptakan keberlanjutan pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Di kawasan dusun Bojong, terdapat keberagaman hewan ternak antara lain sapi, kambing, ayam, lele, bawal dan lain-lain.

Dengan beberapa jenis hewan ternak tersebut, potensi peternakan di dusun Bojong semakin berkembang dan memberikan manfaat positif bagi kehidupan masyarakat. Pengelolaan yang berkelanjutan, pendekatan yang inovatif, serta peran aktif masyarakat dalam memajukan sektor peternakan akan menjadikan dusun Bojong sebagai pusat keunggulan pertanian dan peternakan di wilayah tersebut.