Gula Jawa Mae

Di balik pesona Dusun Bojong yang indah terdapat perkebunan luas yang masih banyak pohon kelapa. Beberapa warga memanfaatkan pohon kelapa tersebut dengan mengambil air niranya untuk pembuatan Gula Jawa. Gula Jawa Mae salah satu produsen Gula jawa yang berada di RT 03 RW 08 dusun ini. Pembuat gula tersebut bernama Ibu Ismiyatun yang sudah turun-temurun membuat gula jawa di dapur rumahnya.

Air nira yang sedang dimasak

Gula jawa buatan bu Ismiyatun memiliki daya tarik tersendiri. Ibu Ismiyatun dibantu suaminya mengambil nira dari pohon kelapa sendiri. Nira tersebut kemudian diolah dengan cara direbus sampai mengental kurang lebih selama 3 jam. Setelah matang, nira yang sudah mengental didiamkan kurang lebih 15 menit dan siap untuk dicetak. Eits, cetakan gula jawa yang digunakan oleh Ibu Ismiyatun merupakan buatan sendiri lho! Setiap detail peralatan maupun prosesnya dibuat khusus oleh Ibu Ismiyatun menjadi ciri khas Gula Jawa Mae.

Gula jawa yang sudah jadi

Gula jawa yang sudah jadi, dibungkus dengan ukuran 1 kilogram per bungkusnya. Kemudian, gula diantarkan ke warung-warung sekitar dan dihargai Rp18.000 per kilonya. Penasaran pada gula jawa yang 100% dari nira buatan Ibu Ismiyatun? Yuk pesan dan rasakan cita rasa manis dan lembutnya melalui nomor 08818006406 (Wahib).

Penulis: Wahiburochman & Zulfa Qonita Shalihat

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *